Search
Close this search box.

Payakumbuh – Dinas kesehatan Kota Payakumbuh dengan Perumda Air Minum Tirta Sago Kota Payakumbuh menggelar kegiatan Edukasi tentang Penyakit Jantung bagi Pegawai di lingkungan PAMTIGO Kota Payakumbuh, Jumat (06/10/2023) bertempat di Kantor PAMTIGO.

Direksi Payakumbuh menyampaikan bahwa kegiatan yang bekerjasama dengan Perumda Air Minum Tirta Sago ini digelar dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia pada tanggal 29 September 2023.

“Alasan kenapa kegiatan edukasi ini ditujukan kepada para Pegawai di lingkungan Kantor PAMTIGO, yaitu supaya para Pegawai ini menyadari pentingnya menjaga kesehatan jantung, dan juga mengetahui apa itu penyakit jantung, apa gejalanya dan bagaimana penanganannya,”

Sementara itu, dr. Benny Antama Syant, Sp. JP Menyampaikan saat membuka kegiatan mengungkapkan Hari Jantung Sedunia merupakan pengingat bagi semua orang di seluruh dunia untuk menjaga jantungnya agar tetap sehat, karena penyakit jantung dapat terjadi baik kepada orang dewasa maupun bagi anak- anak. “Secara global, di seluruh dunia penyumbang separuh dari seluruh kematian akibat penyakit tidak menular adalah penyakit jantung yang merupakan peringkat teratas dari seluruh penyebab kematian di dunia,” ujarnya.

Lebih lanjut, dr. Benny Antama Syant, Sp. JP juga mengatakan peringatan Hari Jantung Sedunia muncul karena maraknya penyakit jantung di dunia, menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) ± 18 juta jiwa meninggal setiap tahun karena masalah yang berhubungan dengan jantung, dan sekitar 85% kematian ini disebabkan oleh serangan jantung dan stroke.

“Mengontrol dan mengurangi salah satu faktor resiko terkena penyakit jantung adalah dengan tidak merokok, serta melakukan aktivitas atau melakukan olahraga secara rutin. Kepada seluruh Pegawai, saya ingatkan agar dapat menjaga pola hidup sehat dengan melakukan olahraga, menerapkan perilaku hidup sehat, mengonsumsi makanan yang bergizi dan sesuai dengan kebutuhan, serta dapat mengelola stres dengan baik,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Kami