Tingkatkan kinerja perusahaan, PDAM Tirta Sago petakan potensi karyawan

Tingkatkan kinerja perusahaan, PDAM Tirta Sago petakan potensi karyawan

Payakumbuh, (ANTARA) – Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Sago Kota Payakumbuh, Sumatera Barat melaksanakan tes pemetaan potensi kepada seluruh karyawan di perusahaan itu untuk melihat potensi sesungguhnya yang dimiliki oleh karyawan.

Direktur Utama PDAM Tirta Sago Kota Payakumbuh, Khairul Ikhwan di Payakumbuh, Minggu mengatakan tes pemetaan potensi karyawan yang pertama kali dilakukan ini akan berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu (8/8) hingga Minggu (9/8).

“Jadi ini review (kajian), apa potensi, kelebihan, kekurangan serta kompetensi yang dimiliki oleh karyawan kami. Ini pertama kali dilakukan di Perumda Air Minum Tirta Sago,” kata dia didampingi Direktur Umum Asrar Dt. Lelo Anso.

Ia menyebutkan bahwa total karyawan yang ada di PDAM Tirta Sago Payakumbuh sebanyak 101 orang dengan total pelanggan 31.104 sambungan rumah (SR) atau 98,59 yang telah terlayani.

“Total itu, belum termasuk direksi. Sebenarnya, jumlah ini telah lebih. Sebab kalau aturannya itu adalah satu pegawai untuk 1.000 pelanggan. Berarti kalau sekarang kan tiga pegawai untuk satu pelanggan,” sebutnya.

Ia mengatakan apabila seluruh potensi dari karyawan telah terpetakan akan berguna untuk menempatkan masing-masing karyawan di bidang atau bagian kerja yang memang sesuai dengan kemampuan karyawan. Sehingga seluruh karyawan dapat mengaktualisasikan diri di bidang yang memang menjadi kemampuannya.

Setelah itu, tes pemetaan ini juga akan menjadi acuan untuk dapat mengembangkan potensi SDM dan karir dari seluruh karyawan. Tentunya, kata dia, untuk mengembangkan potensi dan karir, pihaknya akan menyiapkan Diklat dan jenjang pendidikan bagi karyawannya.

“Seperti ini, dari hasil ini kami kan sudah mendapatkan potensi dan dimana tempat mereka seharusnya. Potensi ini yang akan dikembangkan, sehingga nantinya semua akan bekerja maksimal,” kata dia.

Ia mengatakan salah satu tujuan yang terpenting dari pemetaan ini adalah untuk menjadi acuan pengisian Perubahan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) PDAM Tirta Sago Payakumbuh.

Jadi, dipastikannya, seluruh karyawan yang memang memiliki potensi untuk memimpin akan terjaring di tes pemetaan ini. Sehingga yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan, bisa mencari kesempatan itu di tes ini.

“Saat ini strukturnya memang telah ada, namun memang belum sesuai dengan seharusnya. Ini yang harus disesuaikan dengan kebutuhan,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Perwakilan PT Jogja Konsultan Cabang Padang Neny Andriani mengatakan hasil tes pemetaan potensi atau psikotes ini hanya berupa rekomendasi yang dapat dipertimbangkan oleh direksi untuk langkah kedepannya.

“Jadi nantinya ini hanya rekomendasi dimana karyawan ini akan ditempatkan sesuai dengan kompetensinya atau the right man on the right place,” sebutnya.

Ia mengatakan dari gambaran hingga saat ini, pihaknya telah menemukan beberapa karyawan yang penempatannya saat ini tidak sesuai dengan kompetensinya. Bahkan ada karyawan yang tidak siap dengan perubahan, atau keinginannya hanya disitu-situ saja. (*)
Pewarta : Akmal Saputra
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.